https://ngawi.times.co.id/
Berita

Menghormati Budaya Setempat, Jemaah Haji Indonesia Diimbau Patuh pada Aturan

Senin, 27 Mei 2024 - 16:00
Menghormati Budaya Setempat, Jemaah Haji Indonesia Diimbau Patuh pada Aturan Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES NGAWI, JAKARTA – Selama 41 hari menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, jemaah haji Indonesia diimbau untuk menghormati budaya setempat dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

Imbauan ini datang dari Kementerian Agama yang menekankan pentingnya menjaga tata krama dan kesopanan, baik dalam berinteraksi sosial maupun dalam tata berpakaian.

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, mengingatkan jemaah untuk selalu menjaga kesopanan, khususnya saat berada di dalam hotel. Ia menekankan bahwa jemaah harus menghindari penggunaan pakaian yang tidak sopan, seperti daster atau celana pendek, yang dianggap tidak sesuai dengan norma kesopanan setempat.

Selain itu, penting bagi jemaah untuk menjaga pergaulan, terutama ketika dalam keadaan ihram, agar tidak melanggar batasan pergaulan dengan lawan jenis yang bukan mahram.

“Sangat penting untuk tidak bersendawa di sembarang tempat, karena dalam budaya Arab Saudi, bersendawa dianggap sesuatu yang jorok,” ujar Widi. I

a juga menambahkan bahwa jemaah harus bersikap wajar terhadap lawan jenis, terutama orang yang tidak dikenal, agar tidak disalahartikan sebagai tindakan menggoda.

Selain itu, ada beberapa ketentuan lain yang harus dipatuhi jemaah selama tinggal di hotel. Jemaah dilarang memasak di dalam kamar, tidak merokok di dalam hotel, dan tidak menjemur pakaian di sembarang tempat.

“Jangan membuat jemuran di kamar dengan cara mengaitkan tali jemuran pada pemadam api (fire sprinkler di kamar). Jika perangkat fire sprinkler tersebut terlepas, maka akan memicu air keluar dan membasahi kamar,” tandasnya.

Widi juga mengingatkan jemaah untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan karena sisa bara dari puntung rokok bisa memicu kebakaran. Penggunaan air di hotel juga harus bijak; jemaah diimbau untuk menggunakan air secukupnya dan memastikan keran air ditutup rapat setelah digunakan.

Dengan mematuhi aturan dan ketentuan ini, jemaah diharapkan dapat menjalankan ibadah haji dengan aman dan nyaman, sekaligus menghormati budaya setempat.

Langkah ini juga diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis selama masa ibadah haji, yang pada akhirnya akan memperlancar pelaksanaan ibadah para jemaah. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ngawi just now

Welcome to TIMES Ngawi

TIMES Ngawi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.